METODE RUMAH QUR’ANI, PENGENALAN
DAN PEMAHAMAN AL-QUR’AN BAGI SISWA TPA
SITI ZAKIA, S.Pd
Abstrak
Anak
adalah amanah dari Allah SWT. Amanah ini harus dipelihara secara baik dan terus
menerus dengan memberinya pendidikan yang baik dan benar. Salah satu pekerjaan
pendidik yang harus mendapatkan perhatian serius adalah mencari metode yang
tepat untuk mengajarkan Al Qur’an kepada anak-anak usia dini. Anak perlu ditumbuhkan
rasa cinta terhadap AlQur’an melalui suatu metode yaitu metode rumah qur’ani.
Prinsip utama dalam pengajaran Al Qur’an dengan menggunakan metode Qur’ani
meliputi motivasi, tidak adanya pemaksaan terhadap anak, melakukan kegiatan
yang menyenangkan bagi anak, dimulai dengan ayat-ayat yang mudah dipahami,
serta keteladanan dari orangtua dan guru karena metode ini memiliki tiga domain
pembelajaran yaitu permainan, cerita dan isyarat tangan. Metode yang dipakai
dalam rumah Qur’ani ditujukan untuk memberikan kenangan indah kepada anak-anak
terhadap Al Qur’an. Sehingga anak-anak mengenal dan memahami Al Qur’an sejak
dini dan akan membentuk pribadi yang berakhlak Qur’ani serta memberikan manfaat
bagi dirinya, keluarga, agama dan negara di masa yang akan datang. Metode yang
tepat dalam mengenalkan metode rumah Qur’ani adalah dengan metode classroom
action research melalui tiga siklus dengan tahapan Planning, action,
observation dan reflection. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan metode
Rumah Qur’ani sangat efektif dalam pengenalan dan pemahaman Al-Qur’an bagi
siswa TPA.
Kata
Kunci : Metode Rumah Qur’ani, Al Qur’an, Siswa TPA
A. Pendahuluan
Anak adalah individu yang
membutuhkan bimbingan dan arahan didalam proses menemukan jati diri dan
pembentukan karakternya. Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Pada umumnya
karakter yang dimiliki anak normal yaitu profilnya konsisten, berpikinya logis,
mampu memprediksi sesuatu serta memiliki keterampilan sosial. Selain karakter
anak terbentuk maka perlahan-lahan akan tampak perubahan pada setiap
perkembanagn anak.
Anak adalah amanah dari Allah SWT. Tidak
semua orang mendapatkan anugerah ini, kecuali hanya orang-orang yang
dikehendaki-Nya. Amanah ini harus dipelihara secara baik dan terus menerus
dengan memberinya pendidikan yang baik dan benar. Seorang pendidik harus
belajar bagaimana memberikan hak dan kewajibannya dengan baik. Ia harus
mengetahui perkembangan-pekembangan baru tentang metode dan media pendidikan
yang baik, sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Salah satu pekerjaan
pendidik yang harus mendapatkan perhatian serius adalah menemukan metode yang
tepat untuk mengajarkan Al Qur’an kepada anak-anak usia dini. Mengajarkan Al
Qur’an adalah salah satu dasar pendidikan Islam, sehingga anak-anak dapt tumbuh
berdasarkan fitrahnya dan hati mereka dituntun oleh hikmah sehingga mampu
membendung polusi kesesatan dan keruhnya kemaksiatan.
Mempelajari Al Qur’an dapat
memberikan pengaruh baik terhadap diri seseorang, jika dilakukan dengan
sunguh-sungguh dan menggunakan metode/cara yang bisa membuat anak mencintai Al
Qur’an. Mengajarkan Al Qur’an dengan cara yang tepat tidak hanya membuat anak
cinta terhadap Al Qur’an tetapi juga meningkatkan kemampuan anak untuk
mengingat dan memahami isi Al Qur’an.
Salah satu cara yang dapat
dilakukan dalam mengenalkan dan memberi pemahaman Al Qur’an kepada ank usia
dini adalah dengan metode Rumah Qur’ani yaitu mengenalkan dunia Al Qur’an yang
menyenangkan kepada anak-anak dan membuat mereka menghayati makna serta bisa
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam metode ini, ada empat lanngkah
yang dapat digunakan, antara lain : (1) permainan yang sesuai dengan penerapan
sehari-hari ayat. Permainan ini mengajarkan konsep sebab-akibat dari makna ayat
yang dimaksud. (2) menyampaikan cerita yang merupakan kesimpulan dari
permainan. Melalui cerita, makna ayat yang diajarkan akan lebih terjelaskan
kepada anak. (3) penggunaan isyarat tangan yang disesuaikan denngan konteks
budaya dan bahasa indonesia. (4) pendinginan (cooling down) diperlukan untuk menurunkan energi emosi anak, agar
tidak menguras tenaganya saat pulang kerumah. (Dina Y Sulaeman : 2007)
Metode yang dipakai dalam rumah Qur’ani
ditujukan untuk memberikan kenangan indah kepada anak-anak terhadap Al Qur’an. Sehingga
anak-anak dapat megenal dan memahami Al Qur’an sejak dini sehingga dapat
terbentuk pribadi yang berakhlak Qur’ani serta memberikan manfaat bagi dirinya,
keluarga, agama dan negara di masa yang akan datang.
Artikel selengkapnya dapat dilihat pada link berikut :
Metode Rumah Qur'Ani by Siti Zakia on Scribd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar